Membandingkan Yamaha V-Ixion 150 dan Bajaj Pulsar 180 DTS-i di sini harus dilakukan dengan hati-hati. Betapa tidak, kedua merek tidak saja berbeda pabrikan, tapi juga kapasitas mesin dan asal negara yang memiliki konteks historis-sosiologis yang berbeda. Apapun itu, keduanya sudah berani masuk ke pasar motor sport Indonesia 2007 yang bukan main panasnya. Karena itu sudah saatnya kita bandingkan agar konsumen bisa memiliki referensi sederhana.
Pada bagian ini kita hanya akan membandingkan beberapa fitur, baik pada mesin maupun non-mesin. Belum bisa kita bandingkan secara head-to-head beberapa hal terkait soal pengukuran-pengukuran yang bersifat matematis, seperti konsumsi bahan bakar, kecepatan maksimal, dan sebagainya. Perbandingan tersebut sudah saya buat di tempat lain, atau akan saya buat pada kesempatan lain kala data yang dibutuhkan sudah lengkap. Jika demikian lebih baik anda melihat perbandingan berikut sebagai referensi relatif saja hingga keduanya benar-benar sudah dirilis resmi on the road.
TEKNOLOGI MESIN
Mesin | V-Ixion | Pulsar |
Tipe | 4-valve SOHC water-cooled engine | 2-valve SOHC with “DTS-i” technology |
Material | a. DiASil (die-cast aluminum cylinder) b. Lighter forged piston c. Roller bearing rocker arms | Conventional |
Pembakaran | Injection (Programmed Electronic Fuel Injection PGM-FI). | Digital circuit (Trics III) for “DTS-i”. |
Exhaust | ExhausTEC |
V-Ixion: Skor 9
- V-Ixion memperkenalkan teknologi yang sukses pada Jupiter MX (meskipun lebih dulu dipakai oleh Suzuki untuk pasar Indonesia) yaitu penggunaan 4 klep SOHC. Membuat suplai bahan bakar dan udara lebih cepat masuk dan sempurna terbakar dibanding 2 klep. Keunggulannya pada kemampuan menghasilkan torsi lebih pada rpm tinggi.
- Water cooler. Dimaksudkan sebagai solusi terhadap tingginya kompresi dan RPM yang berakibat panas berlebihan bagi motor yang bermesin sport.
- Menggunakan material kuat anti gores DiASil (die-cast aluminum cylinder) dan piston almunium tempa yang lebih ringan. Membuat mesin ini memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap putaran mesin yang tinggi karena ringan dan cepat melepas panas Dibuat secara ekslusif dari alumnium oleh teknologi terkini Yamaha berupa campuran 20% silicon aluminum alloy.
- Penggunaan roller bearing jenis baru untuk rocker arms yang desain dan materialnya disesuaikan untuk memainkan 4 klep ganda SOHC secara lebih baik. Mengurangi friksi (gesekan) berlebihan sebagaimana lazimnya mesin motor 4 tak biasa.
- Pembakaran menggunakan injeksi. Motor sport pertama yang menggunakan sitem injeksi yang didukung Biasanya didukung Throttle position sensor agar pembakaran lebih presisi untuk dan rendah emisi gas buang. Lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
- Catalytic converter: Piranti tambahan untuk mengurangi kadar polusi gas buang dengan lulus standar Euro II.
- Mesin ini memiliki kompresi lebih tinggi sehingga bisa bermain pada RPM lebih tinggi. Menyiratkan nuansa sport yang kencang.
Pulsar: Skor 8
- Pulsar memperkenalkan teknologi DTS-i (Digital Twin Spark Ignition)dengan busi ganda yang merupakan pertama di Indonesia. Kelebihannya pembakaran lebih sempurna dan tenaga lebih kuat
- Penggunaan karburator yang dipandu oleh digital circuit yang disebut Trics III (Third Generation Throttle Responsive Ignition System) guna mendukung efisensi pembakaran pada teknologi DTS-i
- Kapasitas silinder/volume mesin yang lebih besar sehingga menghasilkan torsi dan tenaga lebih besar yang sudah bisa dikail pada putaran mesin lebih rendah.
- ExhausTEC. ExhausTEC singkatan dari Exhaust Torque Expansion Chamber yang merupakan desain sistem pembuangan (exhaust system) yang meningkatkan penyaluran daya (torsi) pada kecepatan rendah. Dirancang khusus dengan sebuah chamber dan diklaim mirip dengan kinerja teknologi turbo, yakni dengan memanfaatkan sisa campuran bahan bakar untuk dibakar kembali demi meningkatkan tenaga.
- Tenaga dan torsi lebih besar yang bisa diraih pada putaran mesin lebih rendah. Pada kecepatan yang juga lebih rendah, torsi Pulsar sangat besar. Menyiratkan kemampuan akselerasi dan kekuatan membawa beban yang hebat.
Keunggulan V-Ixion jelas pada pada digunakannya teknologi injeksi, 4 klep, dan material komponen tahan panas untuk mengimbangi kompresi tinggi dan kecepatan putaran mesin. Water cooler tidak bisa sepenuhnya kita lihat sebagai kelebihan karena merupakan solusi terhadap ekstrimitas suhu dan putaran mesin yang bisa jadi berlebihan. Jika saja V-Ixion menganut teknologi DOHC, maka skornya bukan tidak mungkin adalah 10. Meskipun demikian, pulsar adalah lawan sepadan. Penggunaan teknologi DTS-i, Trics, dan TEC, hampir-hampir sama dengan efek yang dihasilkan oleh semua kelebihan teknologi V-Ixion. Bahkan pada sisi torsi dan penyaluran daya, tampaknya Pulsar lebih unggul. Kalaupun kalah dari V-Ixion, hanyalah karena Pulsar tidak menyebutkan secara khusus penggunaan material tingkat tinggi DiASil (dan forged piston) yang merupakan paten Yamaha. Wajar saja, toh Pulsar adalah motor tipe sport cruiser yang tidak perlu mencapai kompresi sangat tinggi ala sport DOHC yang ingin dipepet oleh V-Ixion dengan 4 klep SOHC-nya. Jadi wajar saja jika selisihnya hanya 1
poin.
FITUR DI LUAR MESIN
Non-Mesin | V-Ixion | Pulsar |
Swing arm | Monoconventional | Monotube type gas suspension |
Velg | Sport rims | Sport rims |
Speedometer | Analog | Digital |
Sasis | Deltabox | Double Cradle |
Tampilan | Sporty | Sporty fighter |
V-Ixion: Skor 7,5
- Menggunakan swing arm dengan sistem link monosok. Namun sayang sekali masih menggunakan teknologi monosok konvensional yang sama dengan MX, dan bukan unitrak seperti Scorpio. Kemungkinan cepat amblas dan kurang responsif sangat tinggi.
- Dilengkapi velg palang sehingga bernuansa sport lengkap dengan cakram depan.
- Deltabox chassis merupakan kelebihan karena menyiratkan nuansa sport yang diipadu dengan desain tangki yang juga sporty dan manis. Kombinasi yang tak ada bandingannya di jajaran motor sport naked di Indonesia.
Pulsar: Skor 8,5
- Menggunakan swingarm bersok ganda. Kelebihannya adalah dilengkapi sok ganda dengan teknologi gas (advanced monotube type gas suspension) yang lebih responsif bahkan dari monosok konvensional.
- Sport rims. Dilengkapi velg palang 6 diameter 17 inchi yang desainnya meniru velg NSR Hornet yang terkenal ringan, kuat, dan sporty. Nuansa sportnya dilengkapi dengan cakram depan yang sama manisnya.
- Panel Digital Speedometer yang manis. Mungkin hanya bisa diimbangi oleh produk Suzuki FU dan FXR, meskipun milik Bajaj ini lebih sporty ala moge.
- Double Black Cradle chassis. Sasis yang lebih maju dari tipe berlian Honda Tiger meskipun masih kalah sporty dari sasis deltabox. Namun karena dimaksudkan untuk motor cruiser maka sangat tepat. Apalagi dikelir all black untuk menambah tampilan yang sporty.
- Tampilan sporty black fighter bersama dengan desain tangki, tudung lampu dan headlamp ala mata serigala, dan buntut/lampu rem LED moge.
Di segala sektor non mesin, Pulsar lebih unggul tampilan daripada V-Ixion. Satu-satunya sedikit kelebihan V-Ixion atas Pulsar hanyalah pada diigunakannya sasis Deltabox yang serasi dengan tangki. Namun sport cruiser tidak harus ikut-ikutan model sportbike tanpa fairing bukan? Justru dengan desain yang sangat angresif, Pulsar memadukan dua aliran sport dan turing secara lebih seimbang sekaligus membidik salah satu model yang paling diminati dalam dunia motor kontemporer: Streetfighter. Kombinasi kaki-kaki, kelir, body depan hingga belakang, dan desain mesin, akan membuat anda sadar jika sedang berhadapan dengan sosok petarung sejati pada masanya!
KESIMPULAN:
- V-Ixion: 16,5
- Pulsar: 16,5
jelas pulsarlah V-ixion mah jauhhh!
BalasHapusbiar gimana pun teknologi v-xion lebih jozzzz,and gue rasa pulsar lbh cocok buat kakek2 dibanding anak muda
BalasHapusmotor gw v-ixion dunk
BalasHapusv-ixion ? ndazzz mu Leng !!!!
BalasHapusbajaj..ha3 nehi, apaan tuch india???? duh masih zaman bollywood hare genee??? V-xion jelaslah teknologi yamaha, tetap yg terdepan!!!!
BalasHapusrosi jga pke yamaha....kita plah mo plih boliwood!!!!!!pulsar dah turun ke moto gp blm?coba dlu ke mto gp bru dipsarin.....
BalasHapusYang dibandingin beda kelas bro.. Ko pikir vixion pernah masuk motogp? Yang pernah yamaha M1. Disisni yang dibandingin ya yang sepantaran. Lagian negara produsen motor gak ada pengaruhnya sama kualitas motor
HapusJangan sok lo.... mentang2 blum ada langsung menjelek2an... Selama ini, pulsar 180 sangat memuaskan bagiku.. Saya yakin ini juga berlaku bagi setiap pengguna...!!!!
BalasHapusMasak naek motor bajay??
BalasHapusMo nyari penumpang ya??
Huehe... Tariiiik mang
head to head yukk sm pulsar gw......jgn cm ngomong aja.....
BalasHapusvixion its the future...gini zaa... tanya cewek cewek cuantiq... mendingan dibonceng mana ??? vixion dunk...
BalasHapusTujuan lu cuma buat boncengin cewek? coba kalo by one vixin sama pulsar
HapusSorry Boz Tetep V-ixion Pemegang Jualan Tertinggi, mantap, modif apa ja masuk, klo menurut gw pulsar ga mantap buat gonceng cewek...
BalasHapusirit,Sport,Anak Muda banged = V-IXION (yang lain gak bisa ngikutin)
BalasHapusmantap di Ajak nongkrong/Kumpul2 bareng2 temen Coz Engak malu-maluin
kayaknya cewek2 ga suka tuh digonceng ama motor kurus kering ga berotot ala vixi :P di banding pulsar gagah,berotot ala moge & cewe sexy'a wkwkwk..
BalasHapusteknologi mesin memang vixi lbih unggul 1 point ketimbang pulsar..
I LOVE PULSAR 200CC!!!
BalasHapusPaan tuh vixion, model gede tapi kok kurus???
YANG PENTING BUKAN HONDA..!! lemot...kecuali CBR
BalasHapushaha motor sok sporty..masa ban nya aja kurus kerempeng pake cap bintang segala [alay mode on]
BalasHapusinnalillahi wa inna ilaihi roji'un..pada bangga2 amat dengan buatan luar..sampe pada ribut..ya mbok ngaca pada make buatan asing kok buanggaaanya nyampe ribut dengan saudara sendiri..nun sewu kita aja belum bisa sepinter china yang walau di katakan orang produk motornya lowest grade..tapi mereka sudah mampuuu..kita mampunya ngeributin produk orang asiiing...isiiiiin reeeeeek...!!!!
BalasHapussetuju..bisanye make doang aja (ga bisa bikin) pake bisanya bikin ribut doang..maluuuu woooii
BalasHapusemang ni bisanya (maaf) naro pantat doang di jok aja udah lebih berisik dari knalpot..
BalasHapuskalo ada yang malu pake buatan india ne,, pa lagi mereka yg diluar make produk indonesia ya .. malunya kayak pa ...wekekeke ,,
BalasHapuswah..wah panas benerrr! dari pade ente ribut mending naik becak aja om! irit BBM, ramah lingkungan n yg penting suaranye nih ye kagak ribut!!
BalasHapushallahhh hari geneh msh pada brand minded lo smua!!! v-ixion apa kerennya coba??? harga mahal, ban depan belakang cungkring, body juga biasa ajah. bilang aja lo pada nyesel beli v-ixion. ga sempet bli pulsar, iy kan??? tai lo smua...
BalasHapusribut amat loe pada, v-xion ama pulsar sama saja, karena loe gak tau apa itu arti brotherhood jadi saling menjelekkan, para bikers seharusnya bersaudara. dasar orang indonesia, masalah kecil di perbesar, adu caci adu maki malah jadi adu jotoz,parah!!!
BalasHapusiwan sableng YVC-St026
Bravo!!!!
apaan tuh vixion!!!! motor mx tuh! pake costum,motor besar kok 150cc kaya motor banci x kwkkwkwk, body cungkring, ban kurus2, stang kaya sepada jangki, tutupan tanki bansin kaya tutup kaleng, vixion kena anginya aja udah jatuh hahahaahhahah
BalasHapusBajaj???nehi-nehi...tum pas se aje,,,
BalasHapusBajaj???kepriok berapa bang?
Bajaj???Bajuri maksudnya...
Bajaj???Bikersnya pada buncit perutnya, sama kay motornya
Pada ribut aja...
BalasHapusEmangnya Pulsar sama V-ixion hebat !
Kebetulan komponen V-ixon tempat kita bikinnya, jadi sedikit banyak kita tahu kwalitasnya.
Begitu juga Pulsar sekarang lagi bangun Pabrik di Indonesia.
Berarti dua-duanya sama-sama bagus.
Ada pertanyaan bagus (Kenapa Indonesia nga' ngeluarin motor buatan sendiri ?)
Ini pertanyaan sangat mendasar yang bisa jawab kita sendiri.
Apa yang kita inginkan sewaktu hendak membeli motor ?
merek, kwalitas, purnajualnya kembali atau apa lagi.
Dari pada ribut ayoo kita bahas masalah ini.
Brother Motorcycle.......
pulsar maruk, sok moge, sahrukan kalee... motor kok dari india cape deeeeeeh
BalasHapuspulsar gwe ru 4thun tewas..ganti v-ixion dah gwe..scra keseluruhan handling v-ixion lebih nyaman..untuk posisi berkendara te2p pulsar paling sip...
BalasHapuspercuma juga make motor bagus, klu skill driver gak ada......!
BalasHapustapi gue tetep pilih pulsar....
cos .... vixen .... basi dah banyak yang make....
di bangka aj ... vixen di pake untuk ngojek...
dan geu gak perah tuh ngelihat pulsar di pake untuk ngojek .... !yang ada untuk bonceng cwek cantik sambil touring .... !
asoi geboy.....
( pulsar emang dari india... lihat aja tuh artis2x bolywood nya, pada cantik2x.. and tinggi2x
ya...jadi sesuai dengan produknya donk
good abis
mas mas skalian g ush ribut deh, tuh di ats jlas2 nilai sama 16,5.
BalasHapuspake diributin lagi..
sudah sudah...
BalasHapusvixi ama pulsar sama sama bagus.
walaupun motor gw dulu pulsar dan sekarang gw ganti ninja 250. pulsar tetep okelah! apalagi buat touring..mantaaaap.
udah" pada ribut aj nyang bagusmah sepeda roda 3 anak GW...pisss ah
BalasHapusV-Ixion emang cakep, pulsar lebih cakep Broooo!
BalasHapusv-ixion tampang2 pasaran bro...
BalasHapusapanya yg bgus? kgk ada...
liat tuh PULSAR... body oke, teknologi oke...
gw ksih inpo ya, pulsartuh aslinya bukan buatan india bro...
melaikan buatan eropa, knpa org2 taunya buatan india?
karena pabriknya tu ada diindia bro...
jd pulsar itu buatan eropa...
Nungguin pulsar 250cc dg harga setengah ninja 250...
BalasHapuspulsar 250 vs ninja 250
30 dk vs 33 dk
165 km/j vs 160 km/j
2 silinder vs 2 silinder
mahal vs value
kalo yamaha...ya nunggu R4 ajah..lebih mantep. 4 silinder, DOHC 250 cc. 200 km/j
woy bro !!
BalasHapusjangan bisanya cuman ribut aje lu pade !!
coba dulu loe pake pulsar !!
pasti mantep cuy !!
rugi deh kalo kagak pake !!
br punya vixion sm pulsar aja dah pd belagu loe,
BalasHapusgw aja yg pake Ducati Desmosedici RR biasa2 aja tuh ga norak kayak loe2 pd
bnr smua ny emg katro....
BalasHapusHebat, commentnya ampe 1 tahun lebih, selama itu pula gak ada blass produk asli Indonesia...
BalasHapusPayah...
Nurdin Halid ANJING
BalasHapusinong malinda si toket suntikan
BalasHapusgw konyol aj org2 atas jelekin pulsar gara2 nama merknya 'bajaj'
hahaha. Simpulan singkat : teknologi menang vixi, injeksi radiator. Deltabox jg jd nilai tambah vixi. Apa lg merknya garputala. TAPI , money to value bajaj pulsar JAUH diatas vixion yg skrg harganya dipatok 21 jutaan
udh ambil pulsar220 aja kalo speedmania, semua motor dilibas kecuali nin250. Kalo pentingin merk, bentuk cungkring tp stylish, dan banyak duit ga masalah, vixi ambil dah. Tenaga ada, irit jg iya
yang paling mahal yang paling bagus..........
BalasHapusmiris baca coment2 yg pd ribut. otak ga dipake buat mikikr gimana kita bisa maju, malah egoisnya yg didepanin. klo pun blm mampu produksi sendiri minimal pelajari kelebihan dan kekurangan macam2 produk yg masuk indonesia, biar kita bisa produksi sendiri. melek teknologi mas bro, biar indonesia maju. jgn maju di mulut besar doank.
BalasHapusNURDIN EMANG ANJINGGGGGGGGG
BalasHapusLUCU ORG INDO EMG PUNYA KARAKTER YG SUSAH... KENAPA JG HARUS RIBUT... TOH TU PRODUK MASING-MASING YANG PUNYA PEMIKIRAN DAN UANG DAN MASING-MASING JUGA YANG MAKE.. KAGAK PERLU REPOT JADI EMOSIAN KALI KAN... KEPUASAN MASING-MASING PEMAKAI AJA DAH BRO...
BalasHapusSUSAH... SUSAH.. EMANG POLA PIKIR ORNG INDO KAGAK BISA MAJUU...
120km/jam dlm 5 detik...vixion & pulsar lewat
BalasHapus"Hanya dengan bebek..."
Sory neh mas bro smua gw pengguna dua motor tersebut dan sampe saat ini msh dipakai buat gawe n maen msh ada diparkiran rumah ane.
BalasHapusSedikit pendapat pribadi gw sndri vixion emang enak handling jg enak irit pula. Nah gw bandingin ama pulsar itu sama cuma untuk tenaga pulsar agak diatas vixi. N mslh irit kedua motor ini irit tp lebih irit sedikit pulsar. 1liter dipulsar 60km dan di vixi 1liter 40-45km.
Satu kekurangan menurut ane mas bro. Ketinggian tuh c pulsar.
gak punya uang beli vixion jdnya beli bajaj aja deh.....walau 3thn dah klotak klotak kayak becak,,.tenaga bajaj gak tahan lama.. bisa di bandingkan dari garansi mesinnya..
BalasHapusNGENTOD lo pada kampung baru beli motor gitu aj bangga motor gue thunder aj gk masalah gw pentalin lo smua!!! HAHAHAHA!! KAMPUNG LO PADA
BalasHapuskalo masalah test drag vixi kalah jauh ama pulsar.kalo ga percaya silakan.dari 135 cc-nya pulsar = 150-nya vixi mereka berimbang.coba sana kalo ga percaya.kalo vixi ama yang 135 aja seri apalagi mau test drag ma yang 180.ngaca om vixi cuma menang deltabox doang.apa yang mau dibaggain ma vixion?
BalasHapusgl donk
BalasHapusbacot loe.. gue kasi yzf r6 gue bingung loe padda.
BalasHapuspulsar emank mantapzzz... Coba dulu baru komeng mas brou
BalasHapusyang buat loe ribut:
BalasHapus1 bajaj atau yamaha??brand itu sma" bagus kualitasnya sama.skrang dua"nya pabriknya di india tanya aja sama si byson.bajaj terkenal dngan roda 3 namun mampu mnjajikan kualitas prima.yamaha tekonologi joss injeksi pula tapi maaf speednya kurang.
2. fisik+body,,tergantung selera
tapi kpan indo mau bikin produk maju..
kanzen ttap indonesia 100%
ninja 250 dong yg pasti,apa tuh vixion n bajaj...
BalasHapusnora bro...hahahah...
setuju aq,gan,aq pake honda cbr1000rr aja mls komentar apa2...ni semua pada ribut,tengkar antara vixion n bajaj...uda jng pada tengkar trus...kl bs qt bs belajar dr negara tetangga,belajar untuk maju...jng congor aja yg maju..HUH DASAR ORG INDONESIA..gmn negara maju kalo semua pada tengkar yg g penting...istifar agan2 skalian.
BalasHapusGw percaya yg komen disini semua orang Indonesia spt gw. Makanya gw sangat heran kl ada yg ngajak maju dan berpikir ke depan tp di kontradiksi dengan teriakan "DASAR ORANG INDONESIA"... Emangnya kamu orang mana? Kl orang Indonesia YG ngomong begitu, kan berarti teriak2 njelekin diri sendiri.
BalasHapusHentikanlah pola pikir kecewa dan meratapi diri begini.
Kalo mau Indonesia maju, mulailah dengan merasa bangga dan yakin akan jadi bangsa besar di dunia... Kejayaan Sriwijaya dan Majapahit pasti akan terulang... Cuma butuh proses yang panjang. Kita bisa mulai SEKARANG, mulai dari DIRI KITA masing2 dengan merubah pola berpikir...
BANGKITLAH BANGSA INDONESIA !!!
kl bole jujur nih...kebetulan sy pny mtr vixion sama pulsar 180...setelah sy coba kedua nya emang beda tp tipis...bnr nya kl mo di ulas panjang bgt..kl secara singkat,sy bs kasi komentar...
BalasHapusbegini masbro2...kl qt milih fashion,qt bs pilih pulsar...tp kl pilih teknologi,qt pilih vixion.
buat modif body aja tanpa oprek mesin, vixion bs jd pilihan,kl mo oprek2 mesin, qt bs pilih pulsar...mski pulsar bs jg dimodif..tp semua kembali ke pribadi qt masing2, juga tergantung dari budget yg qt miliki. mf kl sy da slh kata...krn sy juga masih newbie.. hehehe.:)
semuanya,,.. ini hanya buat refensi kita semua,,.. bukan untuk ajang saling olok,,.. toh semuanya ada keunggulan masing2
BalasHapusvixion memang unggul dalam teknologi, tp pulsar juga sedikit unggul di daya, yg utama jg tekno DTS-i nya
BalasHapusuntuk harga, jelas beda jauh, pulsar lebih ramah kantong
so tinggal selera masing2, keduanya ada kelebihan dan kekurangan
podoh banget sih masak ya cc 150 dibandingin sama 180. vixi di oprek dulu tuh jadi 180 berani gak????? hahaha punya gue oprek jd 165 aja lari 150kpj, kalau pulsar cc 180 bisa lari 160kpj (ngimpi) jangan gumun bro hahahaha
BalasHapusWahahahaha... Gw bom juga nih pake TAI loe2 yg pada adu bacot... Kita ini cuma konsumen bro2 rider, g usah pada perang bacot... Semua motor sama aja, garansi pabrikan jepang and india itu sama2 30rb km/3th. Mslh kualitas jelek bagusnya motor itu tergantung pemakaian keseharian kita masing2. Sebagus2nya mtr klo pemakaiannya buruk pasti cpt rusak..! Kalo loe msh pda kurang puas lu BIKIN MOTOR SENDIRI, Lu itu kaya orang primitif aja yg bru nemuin seti2k api...! Ngaca dong kita ini cma negara konsumsi...! Udah bagus bisa kebeli motor, mendingan rawat sendiri motor kbanggaan kita masing2, motor boleh minta dari ortu aja pada ngoceh2 gak karuan... Motor gw pulsar dan suprax 125, kadang kala suka tuker pake sma ka2 ipar gw yg punya petir and jupiter z... Yg pasti gx ada drmh gw kawasaki, minerva, kanjen, bmw, aprilia, ducati, ktm eropa and ktm inul, thrium, benelli,harley, hehehe... GAWUK2...
BalasHapusAh placur loe pada,, pembodohan otomotif aj bangga,, pea,, goblok,, tolol,, pulsar om gua aja jula cuma 5 juta vixion,, pasaran,,,
BalasHapusPada tolol,, giliran macet ngoceh"
makan tuu,, pelacur loe smua,,
gtu aja masalah, jgan kya bocah, smua pnya keunggulan sndiri2 lah bro..
BalasHapusGkgkgk....pada lucu lo pada.gkgkgkgk....
BalasHapusKALO GW PLIH BAJAJ 180 KARENA YANG GW CARI ADALAH KEPUASAN BATHIN
BalasHapusBUKAN MERK
BUAT APA MERK BAGUS TAPI KALO TIDAK PUAS
ane tetap pilih bajaj lebih ok
BalasHapuskarena ane belingnya cast no kredit
seperti sekalian yang punya vixion beli kredit doank dah bangga
tauuu loe dapatnya tu ngutang ampe kejual kutang mak lu
ane harap tu.. bajaj segera buat pabrik di sini.. agar bisa buktiin itu motor memang hebat!
BalasHapusvixion....motor apaan tuch.....cc cma 150...kurus n pasaran bngt....lain dgn pulsar....gagah cc nya bsar tarikannya mantap.....vixion tai lo.......
BalasHapusAne pilih pulsar karena money to valuenya...bukan karena merk! 19,8jt dapet 21dk+17nm+digital speedo+topspeed 138+double disk+tangki besar+stabil saat cornering...karena ane bukan alay yg suka nyelip2+sruntulan kaya FBV diatas!
BalasHapusToh yg namanya bajaj itu malah bisa beli brand KTM+Kawasaki....lah si merk Y beli apa?
Kawasaki ninja di india aja cm boleh dijual dr dealer Bajaj...
Ni buat yg seneng menjelekan produk : ente beli sesuatu karena kebutuhan atau harga? Ya kalo milih harga ya silahkan aja...toh yg namanya harga bisa overprice...masalahnya kalo overprice tp berkualitas sih ga masalah...tp kebanyakan di Indonesia sudah overprice,tdk pny quality pula!yg dijual cm merk!silahkan difikirkan lg...semua sesuai kebutuhan kok...
Yg seneng motor lincah ya bisa nyomot Y...mau merk+purna jual ya H...mau motor stabil+nyaman ya S...mau stabil+nyaman+teknologi high ya K ama B...
Pakai Pulsar lebih pede, kerimbang pakai.Vixi motor sejuta umat... Dimana2 ada.... Jd biasa aja..... Mau produk India atau Jepang sma aja.... Buatan luar juga
BalasHapusPakai Pulsar lebih pede, kerimbang pakai.Vixi motor sejuta umat... Dimana2 ada.... Jd biasa aja..... Mau produk India atau Jepang sma aja.... Buatan luar juga
BalasHapusKrik.. Krik.. Krik...
BalasHapusKrik.. Krik.. Krik...
BalasHapus