Cari Blog Ini

Entri Populer

26 Maret 2009

Sport Cruiser 4 Tak 2007: Lebih Kencang Mana…?

ptwr-cruiser-4-tak.jpg

Klik table untuk memperbesar dan mempermanis tampilan!

Jika anda bukan penggemar motor sport alias motor laki, mungkin tidak begitu banyak perhatian pada hitung-hitungan di atas. Jelas sekali motor bebek dan skuter lebih mengutamakan fungsi. Beda hal dengan motor laki, rasanya tidak absah kalau menonjolkan fungsi semata. Performa jauh lebih utama.

Pertama-tama anda akan cerita soal penampilan. “Ya elah, tongkrongan motor loe banci bgt sih!” ketus bro Ione kepada sobatnya, Kardi. Wajar saja, Kardi udah lama gembar-gembor bakal nebus motor macho. Nyatanya yang kebeli motor laki yang serba tanggung. Tanggung apa tuh? Terserah anda mendefinisikannya sendiri.

Lalu diskusi akan memuncak ke soal kemampuan. Ya, apalagi kalau bukan soal kecepatan alias performa mesin. Pembicaraan akan membahas soal teknologi dan kelengkapan pendukungnya. Anda akan berdebat soal apakah sistem katupnya ganda (DOHC) ataukah tidak (SOHC). Berapa silinder, 1 atau lebih. Atau, suplay bahan bakar mengunakan karbu ataukah injeksi.

Bahkan bisa juga membandingkan soal dimensi jeroannya. Seberapa besar volume (cc) mesin. Ukuran karbu standar atau gede. Terakhir, tidak cukup soal mesin dan elektrik. Tapi juga nyerempet ke sistem pengapian dan pembuangan (exhaust system). Setelah berbagai aspek dijumlahkan, anda akhirnya akan membuat kesimpulan sendiri. Mana yang lebih kencang adalah yang memiliki keunggulan spesifiksi mesin.

Namun demikian, sering dilupakan adalah seberapa besar perbadingan antara kemampuan mesin dan bobot. Juga seberapa besar hambatan yang diterima (handicap, baik teknis maupun non teknis) dibanding kemampuan mesin itu. Soal terakhir di atas mungkin tidak akan dibahas di sini. Lebih baik membandingkan kemampuan mesin terhadap bobot kendaraan. Jadi sdiapa yang lebih kencang?

Jika demikian siapa yang paling tangguh berdasarkan perhitungan power-to-weight ratio? Namun dengan segala hormat:“Don’t try (speeding) it at home!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar