Cari Blog Ini

Entri Populer

26 Maret 2009

Modif Kanvas Rem Belakang


Kali ini saya akan bagi-bagi tips membuat kanvas rem belakang moge. Boleh dibilang caranya sangat gampang dan cepat. Kiat ini bisa dijadikan alternatif saat anda kepepet.

Penggemar modifikasi memang sangat senang mengaplikasikan perangkat rem moge. Salah satu yang tampak menonjol adalah penggunaan kaliper baik di roda depan maupun belakang. Alasannya, selain lebih pakem, juga lebih gaya. Di pasaran modif banyak beredar kaliper moge merek Brembo, Nissin, Tokico, dan Sumitomo. Lantas bagaimana kanvas remnya sudah mulai tipis dan habis? Tentu anda harus segera saja menebus kanvas rem OEM atau aftermarket yang sesuai. Khusus untuk kanvas rem belakang anda bisa menebusnya di kisaran harga 300-400-an ribu.

kanvas-moge-buatan.jpgNamun tidak gampang menemukan parts yang sesuai karena tidak semua toko menjualnya. Juga mungkin anda baru menyadarinya dan belum sempat mencari gantinya. Berikut ini tips membuat kanvas rem moge. Sebagai contoh kita gunakan kaliper model Brembo yang digunakan pada Aprilia maupun Mito.

  1. Siapkan kanvas rem GL Pro model lama yang masih menggunakan 1 piston. Bentuknya persegi empat sehingga cocok dengan bentuk kanvas rem belakang Brembo..
  2. Lepaskan kanvas rem belakang Brembo anda setelah terlebih dulu mencopot kaliper dari braketnya.
  3. Kanvas rem Brembo menggunakan lubang pengikat 1 titik di tengah bagian atas, sementara GL Pro menggunakan 2 lubang di setiap sisi atas. Karena itu anda perlu menyamakan lubang pengikatnya sebagai berikut:
    1. Cocokkan ukuran kedua kanvas rem dengan mensejajarkan ujung bawah kedua kanvas rem.
    2. Buat garis potong pada masing-masing plat agar lubang pengikat kanvas rem GL Pro sama dengan Brembo. Namun jadikan kanvas rem lama (Brembo) sebagai acuan.
    3. Potong plat pengkat kanvas pada Brembo anda dan juga plat pada kanvas GL Pro sesuai garis dan ukuran yang telah dibuat sebelumnya..
    4. Las potongan plat kanvas Brembo pada kanvas rem GL Pro sehingga pengikat kanvas memiliki 1 lubang yang cocok dengan kaliper Brembo.
    5. Cocokkan kanvas rem GL Pro yang sudah jadi ini ke dalam rumah kaliper, apakah sudah pas dan tidak seret.
  4. Setelah semua siap, silahkan memasang kembali kaliper dan cobalah. Anda mungkin harus menunggu beberapa saat agar kanvas rem benar-benar cocok dengan permukaan cakram belakang motor anda.

Cara pembuatan ini sangat mudah dan materialnya ada di mana-mana. Harga kanvas rem GL Pro hanya sekitar 10-20 ribuan, plus biaya pembuatan 10 ribu. Tentu sangat murah dan gampang diperoleh. Sebagai catatan, membuat kanvas rem belakang seperti ini hanyalah alternatif. Kualitas bahan bahan dan masa pakainya tentu tidak sama dengan kanvas rem asli.

Anyway selamat mencoba.

3 komentar:

  1. tpi untuk daya cengkram tentu jauh beda dg part ori nya, apalagi klo bnran d aplikasikan d moge tentu itu jdi resiko

    BalasHapus
  2. tpi untuk daya cengkram tentu jauh beda dg part ori nya, apalagi klo bnran d aplikasikan d moge tentu itu jdi resiko

    BalasHapus